| PEMERINTAH KOTA MALANG DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 6 MALANG Jalan Ki Ageng Gribig 27 Malang.Telp/Fax. +62341-722216 | ![]() |
![](file:///C:/Users/WIN7~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image005.gif)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
MATA PELAJARAN / NAMA : Kompetensi Kejuruan Mekanik Otomotif
STANDAR KOMPETENSI : memperbaiki sistem pengapian
KOMPETENSI DASAR : Memperbaiki sistem pengapian dan komponennya
INDIKATOR :
1. Menjelaskan fungsi komponen-komponen sistem pengapian
2. Menjelaskan pemeriksaan komponen pengapian
I. Tujuan Umum Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan fungsi komponen-komponen sistem
2. Siswa dapat menjelaskan menjelaskan pemeriksaan komponen pengapian
3. Siswa dapat mengembangkan diri secara kreatif untuk memadukan materi dengan pekerjaan di dunia indutri
II. Materi Pembelajaran :
Fungsi komponen dan pemeriksaan sistem pengapian
Kontak Pemutus Arus (Platina)
Fungsi : Memutus & menghubungkan arus yang mengalir ke primer koil. Saat terjadi pemutusan arus maka terjadi induksi tegangan tinggi pada sekunder koil.
![](file:///C:/Users/WIN7~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.gif)
Kontak Pemutus Arus (Platina)
Sudut Dwell (Cam Angle) = sudut tutup platina, besar sudut yang menunjukkan lamanya platina menutup.
Besar sudut dwell mempengaruhi besar arus listrik ke koil pengapian dan tegangan induksi yang dihasilkan.
Sudut Dwell ± 60% Sudut Pengapian, diatur melalui penyetelan celah platina :
0,40 – 0,50 mm (mengikuti spek)
![]() |
Memeriksa sudut dwell
1. Pasang dwell tester
2. Hidupkan mesin
3. Baca hasil, bila hasil pengukuran tidak tepat, setel sudut dwell
Menyetel sudut dwell
1. Buka tutup distributor
2. Kendorkan sekerup pengikat platina
3. Tempatkan obeng pada tepat penyetel, putar searah jarum jam untuk memperkecil sudut dan sebaliknya
4. Rakit tutup distributor, hidupkan mesin dan cek hasil penyetelan.
Kondesor
Fungsi : menyerap arus listrik saat platina terbuka, sehingga kecepatan pemutusan arus lebih tinggi dan induksi tegangan tinggi dari koil meningkat
Distributor
Fungsi : Mendistribusikan listrik tegangan tinggi dari koil pengapian ke busi sesuai urutan saat pengapiannya.
Kabel Tegangan Tinggi
Fungsi : penghantar arus listrik tegangan tinggi dari koil ke busi
![](file:///C:/Users/WIN7~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image010.jpg)
Busi
Fungsi: Menghasilkan percikan api bila dialiri listrik tegangan tinggi
![](file:///C:/Users/WIN7~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.gif)
Centrifugal Advancer
Fungsi : Mengajukan Saat Pengapian sebanding dengan putaran mesin
Vacuum Advancer
Fungsi : Mengajukan saat pengapian berdasarkan perubahan kevakuman intake manifold
![](file:///C:/Users/WIN7~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.jpg)
Menyetel Saat Pengapian
1. Hidupkan mesin
2. Pasang klem sensor Timing Tester pada kabel busi 1
3. Tekan tombol timing tester dan arahkan nyala ke tanda timing
4. Bila saat pengapian tidak tepat, kendorkan baut pengikat distributor. Geser distributor berlawanan arah putaran rotor untuk memajukan dan sebaliknya
5. Kencangkan baut pengikat ditributor bila saat pengapian sudah tepat.
![](file:///C:/Users/WIN7~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.jpg)
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
IV. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | Waktu |
1 2 3 | Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Menutup Pelajaran
|
a. Membuat kesimpulan b. Berdo’a bersama | 30 40 45 20 |
jml | 135 mnt |
V. Alat, Bahan Ajar
a. Papan Tulis
b. Kapur atau Spidol
c. LCD
VI. Sumber Belajar
Perbaikan Sistem Pengapian.(Online),(http://www.4shared.com/office/c9m6AkhI/perbaikan_sistem_pengapian.html),diakses pada 28 januari 2012
Hidayat, S.Pd, Abdurahman, Dkk.2005.Perbaikan System Pengapian.Jakarta: Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian Teknik Mesin Program Keahlian Mekanik Otomotif.(online),(www.4shared.com/get/c9m6AkhI/Perbaikan_sistem_pengapian.html),diakses pada 30 januari 2012
VII. Penilaian :
Bentuk Penilaian: Tes Tulis
Tes Tulis
Instrumen Penilaian | Skor |
1. Bagaimana cara memeriksa sudut dwell? 2. Apa yang dimaksud distributor,kondensator dan platina? 3. Sebutkan langkah penyetelan pengapian? 4. Apa fungsi vakum advancer? Kunci jawaban 1. a. Pasang dwell tester b. Hidupkan mesin c. Baca hasil, bila hasil pengukuran tidak tepat, setel sudut dwell 2. - Kondesor Fungsi : menyerap arus listrik saat platina terbuka, sehingga kecepatan pemutusan arus lebih tinggi dan induksi tegangan tinggi dari koil meningkat - Distributor Fungsi : Mendistribusikan listrik tegangan tinggi dari koil pengapian ke busi sesuai urutan saat pengapiannya. - Kontak Pemutus Arus (Platina) Fungsi : Memutus & menghubungkan arus yang mengalir ke primer koil. Saat terjadi pemutusan arus maka terjadi induksi tegangan tinggi pada sekunder koil. 3. Menyetel Saat Pengapian 1. Hidupkan mesin 2. Pasang klem sensor Timing Tester pada kabel busi 1 3. Tekan tombol timing tester dan arahkan nyala ke tanda timing 4. Bila saat pengapian tidak tepat, kendorkan baut pengikat distributor. Geser distributor berlawanan arah putaran rotor untuk memajukan dan sebaliknya 5. Kencangkan baut pengikat ditributor bila saat pengapian sudah tepat. 4. Vacuum Advancer Fungsi : Mengajukan saat pengapian berdasarkan perubahan kevakuman intake manifold | 25 25 25 25 |
VIII. Keiteria Kelulusan
Bentuk Penilaian | Instrumen Penilaian |
Kognitif/ Psikomotorik Afektif | Siswa dapat menjawab pertanyaan: 0- 75 = belum memenuhi kriteria kelulusan 76- 08 = memenuhi kriteria kelulusan dengan bimbingan 81- 90 = memenuhi kriteria kelulusan tanpa bimbingan 90-100 = diatas minimal tanpa bimbingan · Jika nilai tes tulis kurang dari 76 maka diadakan remidi · Jika nilai tes tulis lebih dari 76 maka melanjutkan ke materi selanjutnya. Penilaian afektif: parameter yang digunakan adalah antusias siswa dalam menerima pelajaran A. Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan mampu mampu menjawab pertanyaan. B. Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan sesekali menjawab dengan benar. C. Siswa tekun memperhatikan, sesekali ikut bertanya, dan belum menjawab dengan benar. D. Siswa tidak memperhatikan, pasif dalam tanya jawab, dan tidak dapat menjawab dengan benar. |
Mengetahui,
Guru Pamong Praktikan
Besar Abadi Prayogi, S.T Dwi Ahmad Cholik
NIP. 19710202 200604 1 022 NIM. 208513414649