Tuesday, July 17, 2012

RPP Pemeliharaan sistem roda dan ban


 
 

PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 6 MALANG

Jalan Ki Ageng Gribig 27 Malang.Telp/Fax.  +62341-722216



 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

MATA PELAJARAN / NAMA      :  Kompetensi Kejuruan Mekanik Otomotif
STANDAR KOMPETENSI                        Pemeliharaan sistem roda dan ban
KOMPETENSI DASAR                 Memelihara sistem roda dan ban beserta komponennya
INDIKATOR                                    1.  Menjelaskan fungsi pelek roda dan ban
                                                               2. Menjelaskan macam-mcam pelek roda dan ban
                                                               3. Menjelaskan komponen-komponen pelek roda dan ban

I. Tujuan Umum Pembelajaran                                                                               
1. Siswa dapat menjelaskan fungsi pelek roda dan ban
2. Siswa dapat menjelaskan macam-mcam pelek roda dan ban
3. Siswa dapat menjelaskan komponen-komponen pelek roda dan ban
2 Siswa dapat mengembangkan diri secara kreatif untuk memadukan materi dengan pekerjaan di dunia indutri

II. Materi Pembelajaran :  
1.      Fungsi Pelek roda dan ban
1.1  Pelek
adalah bagian dari roda yang berfungsi untuk menerima berat dan semua beban (gaya) yang ditimbulkan oleh kondisi jalan. Oleh karena itu pelek dituntut harus :
·         Kuat dan ringan
·         Dapat memindahkan panas dengan baik (rem, gesekan ban)
·         Perawatan mudah
1.2  Ban
merupakan bagian dari kendaraan yang langsung berhubungan dengan jalan. Dan berfungsi untuk menjamin kendaraan berjalan nyaman dan aman dengan mengurangi hambatan – hambatan gelinding roda. Oleh karena itu banyak sekali tuntutan – tuntutan yang harus dipenuhi oleh ban :
1).     Tuntutan dasar ( utama )
a.              Mampu menahan berat kendaraan dan muatan (arah atas dan bawah )

b.             Mampu menahan gaya ( dorongan ) dari samping kiri dan kanan
Contoh : Saat belok, zig – zag

c.              Mampu menahan gaya memanjang
  Contoh : Saat pengereman
2).    Tuntutan lain :
·                Kemampuan traksi ( cengkram ) besar
·                Tahanan gelinding kecil
·                Dapat meredam getaran
2.      Jenis–Jenis Pelek Roda Dan Ban Menurut Bahannya
2.1 Jenis pelek
a.       Pelek Baja (besi)






Pelek ini dibuat dari baja yang dipres (dari lembaran baja yang digulung dan dipres)
Sifat-Sifatnya :
1)        Daya tahan pemakaian tinggi
2)        Tingkat kualitas pelek dapat dibuat seragam
3)        Murah

b.      65-5BPelek Alumunium Paduan






Kebanyakan pelek jenis ini dibuat dari paduan aluminium dan magnesium
Sifat-Sifatnya :
1)      Ringan dapat memberikan kenyamanan pada kendaraan
2)      Memerlukan mur khusus untuk pengikatan roda
3)      Kekencangan mur / baut roda perlu diperiksa berkala (1500 km pertama harus diperiksa)
2.2 Jenis ban

Ban dengan ban dalam
Mempunyai kode tube – type
Pentil melekat pada ban dalam

Ban tanpa ban dalam
Mempunyai kode tube  less
Pentil melekat pada pelek

PERBANDINGAN BAN BIAS DAN RADIAL











Ban Menurut konstruksi ( struktur ) karkasnya
Ban bias ( diagonal )
Ban bias atau ban diagonal disebut juga ban konvensional
Terdiri dari beberapa lapisan lilitan karkas yang ditenun 300 ¹   600 terhadap garis tengah ban
Ban radial
Konstruksi terdiri dari dua bagian pokok yaitu :
·      Lililtan karkas ( 1 ) yang ditenun 900 terhadap garis tengah ban
·      Sabuk ban ( belt ) yang terdiri beberapa lapis, ditenun 250 – 400 terhadap garis tengah ban
·       


3.      Komponen Pelek Dan Roda
3.1 Komponen Pelek

 
















3.2 Komponen Ban
 



1 = Kaki ban ( bemo )
2 = Dinding samping
3 = Bahu
4 = Telapak ban ( Tread )
5 = Karkas
6 = Garis pelek
7 = Lilitan kawat / inti


8   = Brad Toe
9   = Karet bagian dalam
10 = Sabuk penguat
11 = Sabuk pengaman
12 = Lapisan karet dalam
13 = Karet penguat


III. Metode Pembelajaran
A.    Ceramah
B.     Tanya Jawab




IV. Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1




2






3
Kegiatan Awal
  1. Salam dan do’a bersama
  2. Membuka pelajaran
  3. Mengadakan Persensi

Kegiatan Inti
a.       Menjelaskan fungsi pelek roda dan ban
b.      Menjelaskan macam-mcam pelek roda dan ban
c.       Menjelaskan komponen-komponen pelek roda dan ban

Menutup Pelajaran
  1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran dan memberi pertanyaan kepada siswa sampai sejauh mana siswa menerima pelajaran.
  2. Memberikan tugas
  3. Menutup pelajaran dan do’a bersama

  1. Menanggapi
  2. Mendengarkan
  3. Memperhatikan


  1. Memperhatikan

  1. Mencatat dan bertanya.


c.       Mencatat dan memperhatikan

a.       Membuat kesimpulan





b.      Berdo’a bersama




25

30


25


10
Jumlah
 90 mnt

V. Alat, Bahan Ajar
a.       Papan Tulis
b.      Kapur atau Spidol
c.       LCD

VI. Sumber Belajar
Roda Dan Ban.(Online),( http://ebookdatabase.net/r/roda-dan-ban),Diakses 6 maret 2012
CASIS DAN PEMINDAH TENAGA.GEOMETRI RODA.Malang: PPPGT VEDC Malang





VII. Penilaian
Bentuk Penilaian:
Tes Tulis
Instrumen Penilaian
Skor
1.    Jelaskan fungsi pelek dan ban?
2.    Sebutkan sifat-sifat pelek pada pelek baja?
3.    Sebutkan tuntutan yang harus dipenuhi ban?

Kunci jawaban
1.      Ban berfungsi untuk menjamin kendaraan berjalan nyaman dan aman dengan mengurangi hambatan – hambatan gelinding roda.          Pelek berfungsi untuk menerima berat dan semua beban (gaya) yang ditimbulkan oleh kondisi jalan.
2.      Sifat-Sifatnya :
Daya tahan pemakaian tinggi
Tingkat kualitas pelek dapat dibuat seragam
Murah
3.      Tuntutannya :
·         Mampu menahan berat kendaraan dan muatan (arah atas dan bawah ) Mampu menahan gaya memanjang
·         Mampu menahan gaya ( dorongan ) dari samping kiri dan kanan
·         Kemampuan traksi ( cengkram ) besar
·         Tahanan gelinding kecil
·         Dapat meredam getaran

30
35
35

VIII. Kriteria Kelulusan

Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
Kognitif/
Psikomotorik








Afektif
Siswa dapat menjawab pertanyaan:

0- 75    = belum memenuhi kriteria kelulusan
76- 80  = memenuhi kriteria kelulusan dengan bimbingan
81- 90  = memenuhi kriteria kelulusan tanpa bimbingan
90-100 = diatas minimal tanpa bimbingan

·         Jika nilai tes tulis kurang dari 76 maka diadakan remidi
·         Jika nilai tes tulis lebih dari 76 maka melanjutkan ke materi selanjutnya.

Penilaian afektif: parameter yang digunakan adalah
antusias siswa dalam menerima pelajaran
A.    Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan mampu mampu menjawab pertanyaan.
B.     Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan sesekali menjawab dengan benar.
C.     Siswa tekun memperhatikan, sesekali ikut bertanya, dan belum menjawab dengan benar.
D.    Siswa tidak memperhatikan, pasif dalam tanya jawab, dan tidak dapat menjawab dengan benar.













Mengetahui,
Guru Pamong                                                                        Praktikan



Besar Abadi Prayogi, S.T                                                     Dwi Ahmad Cholik
NIP. 19710202 200604 1 022                                                            NIM. 208513414649