| PEMERINTAH KOTA MALANG DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 6 MALANGJalan Ki Ageng Gribig 27 Malang.Telp/Fax. +62341-722216 | |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
MATA PELAJARAN / NAMA : Kompetensi Kejuruan Mekanik Otomotif
STANDAR KOMPETENSI : Pemeliharaan sistem roda dan ban
KOMPETENSI DASAR : Memelihara sistem roda dan ban beserta komponennya
INDIKATOR : 1. Menjelaskan fungsi pelek roda dan ban
2. Menjelaskan macam-mcam pelek roda dan ban
3. Menjelaskan komponen-komponen pelek roda dan ban
I. Tujuan Umum Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan fungsi pelek roda dan ban
2. Siswa dapat menjelaskan macam-mcam pelek roda dan ban
3. Siswa dapat menjelaskan komponen-komponen pelek roda dan ban
2 Siswa dapat mengembangkan diri secara kreatif untuk memadukan materi dengan pekerjaan di dunia indutri
II. Materi Pembelajaran :
1. Fungsi Pelek roda dan ban
1.1 Pelek
adalah bagian dari roda yang berfungsi untuk menerima berat dan semua beban (gaya) yang ditimbulkan oleh kondisi jalan. Oleh karena itu pelek dituntut harus :
· Kuat dan ringan
· Dapat memindahkan panas dengan baik (rem, gesekan ban)
· Perawatan mudah
1.2 Ban
merupakan bagian dari kendaraan yang langsung berhubungan dengan jalan. Dan berfungsi untuk menjamin kendaraan berjalan nyaman dan aman dengan mengurangi hambatan – hambatan gelinding roda. Oleh karena itu banyak sekali tuntutan – tuntutan yang harus dipenuhi oleh ban :
1). Tuntutan dasar ( utama ) a. Mampu menahan berat kendaraan dan muatan (arah atas dan bawah ) | |
b. Mampu menahan gaya ( dorongan ) dari samping kiri dan kanan Contoh : Saat belok, zig – zag | |
c. Mampu menahan gaya memanjang Contoh : Saat pengereman | |
2). Tuntutan lain :
· Kemampuan traksi ( cengkram ) besar
· Tahanan gelinding kecil
· Dapat meredam getaran
2. Jenis–Jenis Pelek Roda Dan Ban Menurut Bahannya
2.1 Jenis pelek
a. Pelek Baja (besi)
Pelek ini dibuat dari baja yang dipres (dari lembaran baja yang digulung dan dipres)
Sifat-Sifatnya :
1) Daya tahan pemakaian tinggi
2) Tingkat kualitas pelek dapat dibuat seragam
3) Murah
b. Pelek Alumunium Paduan
Kebanyakan pelek jenis ini dibuat dari paduan aluminium dan magnesium
Sifat-Sifatnya :
1) Ringan dapat memberikan kenyamanan pada kendaraan
2) Memerlukan mur khusus untuk pengikatan roda
3) Kekencangan mur / baut roda perlu diperiksa berkala (1500 km pertama harus diperiksa)
2.2 Jenis ban
| Ban dengan ban dalam Mempunyai kode tube – type Pentil melekat pada ban dalam Ban tanpa ban dalam Mempunyai kode tube less Pentil melekat pada pelek |
PERBANDINGAN BAN BIAS DAN RADIAL
Ban Menurut konstruksi ( struktur ) karkasnya
| Ban bias ( diagonal ) Ban bias atau ban diagonal disebut juga ban konvensional Terdiri dari beberapa lapisan lilitan karkas yang ditenun 300 ¹ 600 terhadap garis tengah ban Ban radial Konstruksi terdiri dari dua bagian pokok yaitu : · Lililtan karkas ( 1 ) yang ditenun 900 terhadap garis tengah ban · Sabuk ban ( belt ) yang terdiri beberapa lapis, ditenun 250 – 400 terhadap garis tengah ban · |
3. Komponen Pelek Dan Roda
3.1 Komponen Pelek
3.2 Komponen Ban
1 = Kaki ban ( bemo ) 2 = Dinding samping 3 = Bahu 4 = Telapak ban ( Tread ) 5 = Karkas 6 = Garis pelek 7 = Lilitan kawat / inti | 8 = Brad Toe 9 = Karet bagian dalam 10 = Sabuk penguat 11 = Sabuk pengaman 12 = Lapisan karet dalam 13 = Karet penguat |
III. Metode Pembelajaran
A. Ceramah
B. Tanya Jawab
IV. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | Waktu |
1 2 3 | Kegiatan Awal
Kegiatan Inti a. Menjelaskan fungsi pelek roda dan ban b. Menjelaskan macam-mcam pelek roda dan ban c. Menjelaskan komponen-komponen pelek roda dan ban Menutup Pelajaran
|
c. Mencatat dan memperhatikan a. Membuat kesimpulan b. Berdo’a bersama | 25 30 25 10 |
Jumlah | 90 mnt |
V. Alat, Bahan Ajar
a. Papan Tulis
b. Kapur atau Spidol
c. LCD
VI. Sumber Belajar
Roda Dan Ban.(Online),( http://ebookdatabase.net/r/roda-dan-ban),Diakses 6 maret 2012
CASIS DAN PEMINDAH TENAGA.GEOMETRI RODA.Malang: PPPGT VEDC Malang
VII. Penilaian
Bentuk Penilaian:
Tes Tulis
Instrumen Penilaian | Skor |
1. Jelaskan fungsi pelek dan ban? 2. Sebutkan sifat-sifat pelek pada pelek baja? 3. Sebutkan tuntutan yang harus dipenuhi ban? Kunci jawaban 1. Ban berfungsi untuk menjamin kendaraan berjalan nyaman dan aman dengan mengurangi hambatan – hambatan gelinding roda. Pelek berfungsi untuk menerima berat dan semua beban (gaya) yang ditimbulkan oleh kondisi jalan. 2. Sifat-Sifatnya : Daya tahan pemakaian tinggi Tingkat kualitas pelek dapat dibuat seragam Murah 3. Tuntutannya : · Mampu menahan berat kendaraan dan muatan (arah atas dan bawah ) Mampu menahan gaya memanjang · Mampu menahan gaya ( dorongan ) dari samping kiri dan kanan · Kemampuan traksi ( cengkram ) besar · Tahanan gelinding kecil · Dapat meredam getaran | 30 35 35 |
VIII. Kriteria Kelulusan
Bentuk Penilaian | Instrumen Penilaian |
Kognitif/ Psikomotorik Afektif | Siswa dapat menjawab pertanyaan: 0- 75 = belum memenuhi kriteria kelulusan 76- 80 = memenuhi kriteria kelulusan dengan bimbingan 81- 90 = memenuhi kriteria kelulusan tanpa bimbingan 90-100 = diatas minimal tanpa bimbingan · Jika nilai tes tulis kurang dari 76 maka diadakan remidi · Jika nilai tes tulis lebih dari 76 maka melanjutkan ke materi selanjutnya. Penilaian afektif: parameter yang digunakan adalah antusias siswa dalam menerima pelajaran A. Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan mampu mampu menjawab pertanyaan. B. Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan sesekali menjawab dengan benar. C. Siswa tekun memperhatikan, sesekali ikut bertanya, dan belum menjawab dengan benar. D. Siswa tidak memperhatikan, pasif dalam tanya jawab, dan tidak dapat menjawab dengan benar. |
Mengetahui,
Guru Pamong Praktikan
Besar Abadi Prayogi, S.T Dwi Ahmad Cholik
NIP. 19710202 200604 1 022 NIM. 208513414649