| PEMERINTAH KOTA MALANG DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 6 MALANG Jalan Ki Ageng Gribig 27 Malang.Telp/Fax. +62341-722216 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
MATA PELAJARAN / NAMA : Kompetensi Kejuruan Mekanik Otomotif
STANDAR KOMPETENSI : Pemeliharaan/Servis Transmisi Otomatis
KOMPETENSI DASAR : Pemeliharaan/Servis Transmisi Otomatis dan
Komponen yang Berhubungan
INDIKATOR : 1. Menjelaskan komponen-komponen transmisi otomatis
2. Menyebutkan cara kerja komponen-komponen transmisi otomatis
I. Tujuan Umum Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan komponen-komponen transmisi otomatis
2. Siswa dapat cara kerja komponen-komponen transmisi otomatis
3. Siswa dapat mengembangkan diri secara kreatif untuk memadukan materi dengan pekerjaan di dunia indutri
II. Materi Pembelajaran :
A. Unit Roda Gigi Planet (Planetary Gear Unit)
Planetary gear unit terdiri dari beberapa planetary gear set dan beberapa clutches serta brakes, sebuah planetary gear set terdiri dari sebuah roda gigi matahari (sun gear), roda gigi pinion (pinion gear) yang dihubungkan oleh planetary carrier dan sebuah roda gigi cincin (ring gear).
Tabel Cara Kerja Roda Gigi Planet Sederhana
B. Arah Maju (Forward Direction)
Ketika roda gigi cincin atau roda gigi matahari dipegang/ditahan dalam sebuah posisi yang tetap, dan anggota-anggota yang lain sebagai anggota input, arah putaran roda gigi output selalu sama dengan arah putaran roda gigi input.
Ketika roda gigi cincin berputar searah jarum jam (clockwise), roda gigi pinion berjalan searah jarum jam di sekeliling roda gigi matahari yang diam. Akibatnya planetary carrier berputar pada kecepatan yang diperlambat (kecepatan turun).
Ketika planetary carrier berputar searah jarum jam (clockwise), roda gigi pinion menyebabkan roda gigi cincin berputar searah jarum jam dan dipercepat pada kecepatan yang lebih besar daripada kecepatan planetary carrier.
C. Arah Mundur (Reverse Direction)
Ketika planetary carrier diam dan roda gigi-roda gigi yang lain adalah sebagai input, roda gigi output akan berputar dalam arah berkebalikan. Dengan planetary carrier diam, ketika roda gigi matahari berputar searah jarum jam, roda gigi pinion idle dan roda gigi cincin digerakkan dalam arah berkebalikan (berlawanan arah jarum jam).
D. Alat-Alat Penahan (Holding Devices) Susunan Roda Gigi Planet
Alat-alat penahan (Holding Devices) yang digunakan dalam susunan roda gigi planet ada tiga jenis, yaitu meliputi;
a. Kopling multiplat menahan komponen planetary gear agar ikut berputar.
b. Rem menahan komponen planetary gear unit agar tidak berputar.
1. Rem-rem multiplat (multiplate brakes)
2. Pita rem (brake band)
c. Roller atau Sprag One Way Clucthes menahan komponen planetary gear dalam satu arah putaran.
III. Metode Pembelajaran
A. Ceramah
B. Tanya Jawab
IV. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | Waktu |
1 2 3 | Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Menutup Pelajaran
|
a. Membuat kesimpulan b. Berdo’a bersama | 20 25 25 20 |
Jumlah | 90 mnt |
V. Alat, Bahan Ajar
a. Papan Tulis
b. Kapur atau Spidol
c. LCD
VI. Sumber Belajar
Perdana, Indra Wahyu.2009. Pembuatan Animasi Sistem Transmisi Otomatis.Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
(Online),(Http://www.eprints.uns.ac.id/99/1/169120709201012531.pdf),Diakses 24 Januari 2012.
Wikipedia Indonesia.2012.Transmisi otomatis.Transmisi otomatis.(Online),(http://id.wikipedia.org/wiki/Transmisi_otomatis),Diakses 24 Januari 2012.
VII. Penilaian
Bentuk Penilaian: Tes Tulis
Tes Tulis
Instrumen Penilaian | Skor |
1. Jelaskan pengertian transmisi otomatis? 2. Sebutkan 3 komponen planetary gear unit? Kunci jawaban 1. Transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini digunakan mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis. 2. Planetary gear unit : 1) sebuah roda gigi matahari (sun gear) 2) roda gigi pinion (pinion gear) 3) sebuah roda gigi cincin (ring gear) | 50 50 |
VIII. Kriteria Kelulusan
Bentuk Penilaian | Instrumen Penilaian |
Kognitif/ Psikomotorik Afektif | Siswa dapat menjawab pertanyaan: 0- 75 = belum memenuhi kriteria kelulusan 76- 80 = memenuhi kriteria kelulusan dengan bimbingan 81- 90 = memenuhi kriteria kelulusan tanpa bimbingan 90-100 = diatas minimal tanpa bimbingan · Jika nilai tes tulis kurang dari 76 maka diadakan remidi · Jika nilai tes tulis lebih dari 76 maka melanjutkan ke materi selanjutnya. Penilaian afektif: parameter yang digunakan adalah antusias siswa dalam menerima pelajaran A. Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan mampu mampu menjawab pertanyaan. B. Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan sesekali menjawab dengan benar. C. Siswa tekun memperhatikan, sesekali ikut bertanya, dan belum menjawab dengan benar. D. Siswa tidak memperhatikan, pasif dalam tanya jawab, dan tidak dapat menjawab dengan benar. |
Mengetahui,
Guru Pamong Praktikan
Besar Abadi Prayogi, S.T Dwi Ahmad Cholik
NIP. 19710202 200604 1 022 NIM. 208513414649