Tuesday, July 17, 2012

RPP Generator AC DC


 


PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 6 MALANG

Jalan Ki Ageng Gribig 27 Malang.Telp/Fax.  +62341-722216



 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

MATA PELAJARAN / NAMA      :  Kompetensi Kejuruan Mekanik Otomotif
STANDAR KOMPETENSI                        Menjelaskan Proses – Proses Mesin Konversi Energi
KOMPETENSI DASAR                 Menjelaskan Konsep Generator Listrik         
INDIKATOR                                   1.  Menjelaskan induksi kawat penghantar bentuk loop
1.      Menjelaskan generator arus bolak balik
2.      Menjelaskan generator arus searah
I. Tujuan Umum Pembelajaran     
1. Siswa dapat menjelaskan induksi kawat penghantar bentuk loop
2. Siswa dapat menjelaskan generator arus bolak balik
3. Siswa dapat menjelaskan generator arus searah
3. Siswa dapat mengembangkan diri secara kreatif untuk memadukan materi dengan pekerjaan di dunia indutri

II. Materi Pembelajaran :  

A.    Induksi pada kawat penghantar bentuk loop
            Pada saat magnet digerakkan ( keluar- masuk )dalam kumparan jarum pada galvanometer menyimpang. Penyimpangan jarum galvanometer menunjukkan bahwa di dalam kumparan mengalir arus listrik. Arus listrik seperti ini disebut arus induksi. Arus listrik timbul karena pada ujung-ujung kumparan timbul beda potensial. Beda potensial ini disebut gaya gerak listrik induksi (ggl induksi)
penyebabinduksi
Faktor-faktor yang menentukan besar ggl :
1)      Banyak lilitan kumparan ( N )
elektromagnet1
2)      Kecepatan keluar masuk magnet dari dan ke dalam kumparan  ( V ) dan,
3)      Kuat magnet yang digunakan ( B )
Hukum Faraday :                     
Besarnya GGL Induksi ( Ei ) dalam suatu penghantar sebanding dengan cepat perubahan fluks magnet  ( DΦ / Dt )yang melingkunginya sehingga didapat hubungan bahwa:
    Ei =- N DΦ / D
dimana N jumlah lilitan penghantar
Untitled-11
B.     Generator arus bolak balik (AC)
Generator merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik, generator terbagi menjadi generator arus bolak-balik dan generator arus searah.Generator arus bolak-balik disebut juga alternator terdiri dari magnet, kumparan yang berinti besi, cincin luncur dan sikat karbon.








GGL induksi yang dihasilkan oleh generator  AC
prinsip motor listrikE = - NDΦ/Dt
E = NBA w sin wt
E max = NBAw  ( dalam volt )
Ø  Tegangan  E= Emax sin wt
Ø  Kuat arus  I = Imax sin wt
Dimana:
N= jumlah lilitan,
B = medan magnet ,
A= luas penampang lilitan dan
w = kecepatan sudut putaran  kumparan

C.     Generator arus searah (DC)
Generator arus searah (DC) memiliki satu cincin yang dibelah sehingga dinamakan cincin belah atau komutator.  Kedua sikat karbon bersentuhan dengan kedua cincin belah secara bergantian, sehingga salah satu sikat karbon selalu berpolaritas positif dan yang lain berpolaritas negatif. Hal ini menyebabkan arus listrik induksi yang mengalir ke luar generator adalah searah (DC).
dinamosepedatk 

Diagram Daya Dan EvisiensiDIAGRAN DAYA DAN EFISIEN
A = Rugi-rugi putaran tanpa beban
B = Rugi-rugi beban
C = Rugi-rugi kumparan angker (Ia2.Ra)
D = Rugi-rugi motor sikat (Ia2.2Vsi)
E = Rugi-rugi kumparan seri (Is2.Rs)
F = Rugi-rugi kumparan shunt (If2.Rf)
Pin = Daya input
Pem = Daya elektro magnet ((Ea.Ia)
Pb = Rugi besi dan gesekan
Pcu = Rugi tembaga
Pn = Daya out put (Vl.Fl)


Pin = Pem+Pb
Pem = Pn+Pcu
Pb = Pin-Pem
Pcu = Pem-Pn


II. Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
IV. Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1




2








3
Kegiatan Awal
  1. Salam dan do’a bersama
  2. Membuka pelajaran
  3. Mengadakan Persensi

Kegiatan Inti
  1. Menjelaskan induksi pada kawat bentuk loop
  2. Memberi kesempatan siswa untuk  memahami gambar induksi elektromagnet
  3. Menjelaskan generator arus bolak – balik
  4. Menjelaskan generator arus searah

Menutup Pelajaran
  1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran dan memberi pertanyaan kepada siswa sampai sejauh mana siswa menerima pelajaran.
  2. Memberikan tugas
  3. Menutup pelajaran dan do’a bersama

  1. Menanggapi
  2. Mendengarkan
  3. Memperhatikan


  1. Memperhatikan, mencatat dan bertanya.

  1. Siswa memperhatikan

  1. Memperhatikan, mencatat dan bertanya.




a.       Membuat kesimpulan



b.      Berdo’a bersama






30


40

45





20



Jumlah
135 mnt

V. Alat, Bahan Ajar
a.       Papan Tulis
b.      Kapur atau Spidol
c.       LCD
VI. Sumber Belajar

Induksi Elektromagnetik.(online),( http://ajiedu.files.wordpress.com/2007/04/6.ppt),diakses pada 27 februari 2012
Induksi Elektromagnetik.(online),(http://sman1jkt.com/budut-7/mapelsite/fisika/files/GGLIMBAS.ppt),diakses pada 27 februari 2012


VII. Penilaian :
Bentuk Penilaian: Tes Tulis
Tes Tulis

Instrumen Penilaian
Skor
1.      Suatu kumparan kawat terdiri dari 500 lilitan dengan diameter 10 cm. Kumparan ini diletakkan dalam medan magnetik homogen yang berubah-ubah dari 0,2  menjadi 0,6 wb /m2 dalam waktu 5 milisekon. Hitunglah GGL imbas yang terjadi dalam kumparan ?

Kunci jawaban
Diketahui :   
N = 500 ; d = 10 cm  
r = 5 cm = 5.10-2 m
  D B = 0,6 – 0,2  = 0,4 wb/m2
  D t  = 5ms = 5.10-3 s
Ditanyakan : e ?
Penyelesaian:                                                  
A = p .r2  = 3,14 x 5.10-2
    = 7,85.10-3 m2 .       
D Φ = DB. A
                            = 0,4 x 7,85.10-3
                            = 3,14.10-3 wb
                         
                     
                     

100




VIII. Keiteria Kelulusan

Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
Kognitif/
Psikomotorik








Afektif
Siswa dapat menjawab pertanyaan:

0- 75    = belum memenuhi kriteria kelulusan
76- 08  = memenuhi kriteria kelulusan dengan bimbingan
81- 90  = memenuhi kriteria kelulusan tanpa bimbingan
90-100 = diatas minimal tanpa bimbingan

·         Jika nilai tes tulis kurang dari 76 maka diadakan remidi
·         Jika nilai tes tulis lebih dari 76 maka melanjutkan ke materi selanjutnya.

Penilaian afektif: parameter yang digunakan adalah
antusias siswa dalam menerima pelajaran
A.      Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan mampu mampu menjawab pertanyaan.
B.      Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan sesekali menjawab dengan benar.
C.      Siswa tekun memperhatikan, sesekali ikut bertanya, dan belum menjawab dengan benar.
D.      Siswa tidak memperhatikan, pasif dalam tanya jawab, dan tidak dapat menjawab dengan benar.







Mengetahui,
Guru Pamong                                                                                                Praktikan



Besar Abadi Prayogi, S.T                                                                             Dwi Ahmad Cholik
NIP. 19710202 200604 1 022                                                                              NIM. 208513414649