Saturday, July 14, 2012

RPP Pemeliharaan/Servis Transmisi Otomatis


 


PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 6 MALANG

Jalan Ki Ageng Gribig 27 Malang.Telp/Fax.  +62341-722216




 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

MATA PELAJARAN / NAMA      :  Kompetensi Kejuruan Mekanik Otomotif
STANDAR KOMPETENSI                        Pemeliharaan/Servis Transmisi Otomatis
KOMPETENSI DASAR                 Pemeliharaan/Servis Transmisi Otomatis Dan
                                                               Komponen yang Berhubungan
  INDIKATOR                                 
1.      Menjelaskan defenisi transmisi otomatis
2.      Menyebutkan macam-macam transmisi otomatis
3.      Menjelaskan komponen-komponen transmisi otomatis
I. Tujuan Umum Pembelajaran                                                                               
1. Siswa dapat menjelaskan defenisi transmisi otomatis
2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam transmisi otomatis
3. Siswa dapat menjelaskan komponen-komponen transmisi otomatis
4. Siswa dapat mengembangkan diri secara kreatif untuk memadukan materi dengan pekerjaan di dunia indutri

II. Materi Pembelajaran :  
Defenisi Transmisi Otomatis

Transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini digunakan mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis.
Mercedes-Benz CLK automatic transmission 


Macam-Macam Transmisi Otomatis
Transmisi otomatis pada dasarnya dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
a.       Transmisi otomatis penggerak roda belakang.
                                    Gambar 2.1. Transmisi otomatis penggerak roda belakang.
b.      Transmisi otomatis penggerak roda depan.
 














Gambar 2.2. Transmisi otomatis penggerak roda depan.

Kedua transmisi ini terlihat berbeda tetapi cara kerjanya sama, keduanya mempunyai disain rangkaian roda gigi planet (planetary gear train) yang digunakan dalam semua transmisi otomatis.

Komponen Transmisi Otomatis

a. Torsi Konverter (Torque Converter)
Torsi konverter berfungsi sebagai pengubah tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin yang selanjutnya disalurkan ke unit roda gigi planet (planetary gear unit). Torsi konverter juga bertindak sebagai kopling otomatis sehingga mesin diijinkan untuk idle ketika kendaraan berhenti atau pada saat putaran mesin rendah.
b. Unit Roda Gigi Planet (Planetary Gear Unit)
Unit roda gigi planet berfungsi sebagai penerima input dari torsi konverter dan pengubah kecepatan serta tenaga putar sesuai dengan kondisi pengendaraan. Berbagai perbandingan roda gigi dalam arah maju (forward) dan satu arah mundur (reverse) dibuat oleh unit roda gigi planet. Disain unit roda gigi planet meliputi 2 susunan roda gigi planet (planetary gear set) berupa roda gigi matahari (sun gear), roda gigi pinion (pinion gear) yang dihubungkan oleh planetary carrier dan sebuah roda gigi cincin (ring gear). Bagian-bagian roda gigi planet ditahan dengan alat penahan (holding device) agar tidak bergerak, alat-alat penahan ini dapat berupa kopling multiplat (multiplate clutches) atau rem-rem (brakes), pita rem (brake band) dan kopling-kopling satu arah (one way clutches).
c. Sistem Kontrol Hidrolik (Hydraulic Control System)
Operasi dari unit roda gigi planet dikontrol oleh sistem kontrol hidrolik. Tekanan hidrolik dan titik-titik perpindahan gigi (shift) juga diatur oleh sistem hidrolik berdasarkan kecepatan kendaraan dan posisi throttle. Kopling-kopling dan rem-rem diatur oleh fluida yang mengalir karena tekanan dari pompa oli (oil pump) melalui valve body sehingga perbandingan putaran dari susunan roda gigi planet dapat dikontrol.
III. Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
IV. Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1




2










3
Kegiatan Awal
  1. Salam dan do’a bersama
  2. Membuka pelajaran
  3. Mengadakan Persensi

Kegiatan Inti
  1. Menjelaskan defenisi transmisi otomatis
  2. Menyebutkan macam-macam transmisi otomatis
  3. Memberi kesempatan siswa untuk  memahami gambar transmisi otomatis
  4. Menjelaskan komponen-komponen transmisi otomatis

Menutup Pelajaran
  1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran dan memberi pertanyaan kepada siswa sampai sejauh mana siswa menerima pelajaran.
  2. Memberikan tugas
  3. Menutup pelajaran dan do’a bersama

  1. Menanggapi
  2. Mendengarkan
  3. Memperhatikan


  1. Memperhatikan

  1. Mencatat dan bertanya.

  1. Siswa mengelompok


  1. Memperhatikan, mencatat dan bertanya.





a.       Membuat kesimpulan



b.      Berdo’a bersama






30

40

30


45






35


jml


180 mnt

V. Alat, Bahan Ajar
a.       Papan Tulis
b.      Kapur atau Spidol
c.       LCD
VI. Sumber Belajar

Perdana, Indra Wahyu.2009. Pembuatan Animasi Sistem Transmisi Otomatis.Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
(Online),(Http://www.eprints.uns.ac.id/99/1/169120709201012531.pdf),Diakses 24 Januari 2012.
Wikipedia Indonesia.2012.Transmisi otomatis.Transmisi otomatis.(Online),(http://id.wikipedia.org/wiki/Transmisi_otomatis),Diakses 24 Januari 2012.
  

VII. Penilaian :
Bentuk Penilaian: Tes Tulis
Tes Tulis

Instrumen Penilaian
Skor
1.    Jelaskan pengertian transmisi otomatis?
2.    Sebutkan komponen transmisi otomatis dan jelaskan masing - masing!
3.    Sebutkan macam-macam transmisi otomatis?
4.    Sebutkan komponen planetary gear unit dan jelaskan!

Kunci jawaban
1.      Transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini digunakan mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis.
2.      -Torsi konverter berfungsi sebagai pengubah tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin yang selanjutnya disalurkan ke unit roda gigi planet (planetary gear unit).
-Unit roda gigi planet berfungsi sebagai penerima input dari torsi konverter dan pengubah kecepatan serta tenaga putar sesuai dengan kondisi pengendaraan.
-Sistem Kontrol Hidrolik (Hydraulic Control System),Operasi dari unit roda gigi planet dikontrol oleh sistem kontrol hidrolik. Tekanan hidrolik dan titik-titik perpindahan gigi (shift) juga diatur oleh sistem hidrolik berdasarkan kecepatan kendaraan dan posisi throttle.
3.   a. Transmisi otomatis penggerak roda belakang
      b. Transmisi otomatis penggerak roda depan
4.   1. Impeller, dihubungkan dengan flywheel melalui rotating housing atau     sebagai komponen penggerak.
2. Turbine, dihubungkan dengan output shaft ke transmission atau sebagai komponen yang digerakkan.
3. Stator, komponen ini statis yang tugasnya mengarahkan oli dari turbin ke impeller untuk melipatgandakan torque.
25
25
25
25


VIII. Keiteria Kelulusan

Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
Kognitif/
Psikomotorik








Afektif
Siswa dapat menjawab pertanyaan:

0- 75    = belum memenuhi kriteria kelulusan
76- 80  = memenuhi kriteria kelulusan dengan bimbingan
81- 90  = memenuhi kriteria kelulusan tanpa bimbingan
90-100 = diatas minimal tanpa bimbingan

·         Jika nilai tes tulis kurang dari 76 maka diadakan remidi
·         Jika nilai tes tulis lebih dari 76 maka melanjutkan ke materi selanjutnya.

Penilaian afektif: parameter yang digunakan adalah
antusias siswa dalam menerima pelajaran
A.      Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan mampu mampu menjawab pertanyaan.
B.      Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan sesekali menjawab dengan benar.
C.      Siswa tekun memperhatikan, sesekali ikut bertanya, dan belum menjawab dengan benar.
D.      Siswa tidak memperhatikan, pasif dalam tanya jawab, dan tidak dapat menjawab dengan benar.



Mengetahui,
Guru Pamong                                                                                                Praktikan



Besar Abadi Prayogi, S.T                                                                             Dwi Ahmad Cholik
NIP. 19710202 200604 1 022                                                                              NIM. 208513414649