Tuesday, July 17, 2012

RPP Perbaikan sistem Rem


 
 

PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 6 MALANG

Jalan Ki Ageng Gribig 27 Malang.Telp/Fax.  +62341-722216




 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

MATA PELAJARAN / NAMA      :  Kompetensi Kejuruan Mekanik Otomotif
STANDAR KOMPETENSI                        Perbaikan sistem Rem
KOMPETENSI DASAR                 Memelihara sistem rem dan komponennya
INDIKATOR                                    1.  Menjelaskan definisi dan fungsi sistem rem tromol
2.    Menjelaskan macam – macam rem tromol
3.    Menjelaskan komponen – komponen rem tromol
4.    Menjelaskan cara kerja rem tromol
I. Tujuan Umum Pembelajaran                                                                               
1. Siswa dapat menjelaskan definisi dan fungsi sistem rem tromol
2. Siswa dapat menjelaskan macam – macam rem tromol
3. Siswa dapat menjelaskan komponen – komponen rem tromol
4. Siswa dapat menjelaskan cara kerja rem tromol
5. Siswa dapat mengembangkan diri secara kreatif untuk memadukan materi dengan pekerjaan di dunia indutri

II. Materi Pembelajaran :  

A.     Definisi sistem rem tromol
Rem merupakan bagian kendaraan yang sangat penting dalam mendukung aspek keamanan berkendaraan, maka rem harus :
· Dapat menghentikan kendaraan secepat mungkin
· Dapat melaksanakan pengereman sesuai kehendak sopir

Fungsi Rem :
Untuk mengurangi kecepatan sampai menghentikan jalannya kendaraan
B.     Macam – macam rem tromol
1.      Tipe Leading Trailing
Pada tipe ini terdapat satu wheel silinder denagn dua piston yang akan mendorong bagian atas tromol rem.Leading shoe lebih cepat aus dari pada trailing shoe.
2.      Tipe Two laeding
Tipe two leading shoe dibagi menjadi dua,yaitu single action dan double action.Tipe single action two leading shoe mempunyai dua silinder roda yang masing-masing mempunyai satu piston tiap sisinya.
 
3.      Tipe Dual Two Leading
Kontruksi model ini dilengkapi dengan dua buah silinder roda yang dipasang di atas dan di bawah sepatu primer dan sekunder.
4.      Model Uni Servo
Konstruksi model ini dilengkapi dengan dua buah silinder di bagian atas sepatu primer dan sekunder. Bila pedal rem ditekan maka piston bergerak mendorong sepatu rem searah putaran tromol.
5.      Model Duo Servo
Kontruksi model ini dilengkapi sebuah silinder roda dengan dua buah piston. Tekanan dari silinder rem diseimbangkan oleh penyetel sepatu rem




C.    Komponen – komponen rem tromol
Kanvas rem
 
 

Pegas penekan
 
Tromol
 
Silinder roda
 
Penyetel rem
 


D.    Cara kerja rem tromol




Tidak bekerja
Tidak ada tekanan hidraulis, ® torak silinder roda tidak tertekan ® tidak terjadi pengereman





Bekerja
Tekanan hidraulis menekan torak silinder roda ® kanvas menekan tromol

III. Metode Pembelajaran
A.    Ceramah
B.     Tanya Jawab

IV. Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1




2













3
Kegiatan Awal
  1. Salam dan do’a bersama
  2. Membuka pelajaran
  3. Mengadakan Persensi

Kegiatan Inti
a.       Menjelaskan definisi dan fungsi sistem rem tromol
b.      Menjelaskan macam – macam rem tromol
c.       Memberi kesempatan siswa untuk  memahami gambar komponen transmisi otomatis
d.      Menjelaskan komponen – komponen rem tromol
e.       Menjelaskan cara kerja rem tromol

Menutup Pelajaran
  1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran dan memberi pertanyaan kepada siswa sampai sejauh mana siswa menerima pelajaran.
  2. Menutup pelajaran dan do’a bersama

  1. Menanggapi
  2. Mendengarkan
  3. Memperhatikan


  1. Memperhatikan

  1. Mencatat dan bertanya.

  1. Memperhatikan, mencatat dan bertanya.


d.      Memperhatikan, mencatat dan bertanya




a.       Membuat kesimpulan






b.      Berdo’a bersama




15

20

15



25






15






Jumlah
 90 mnt

V. Alat, Bahan Ajar
a.       Papan Tulis
b.      Kapur atau Spidol
c.       LCD

VI. Sumber Belajar

Definisi Rem.2009.(Online),(Http://www. sadrihidayat.blogspot.com/),Diakses 14 Februari 2012.

Brake Sistem.(Online),(Http://www. Definisi Rem.2009.(Online),(Http://www. sadrihidayat.blogspot.com/),Diakses 14 Februari 2012),Diakses 14 Februari 2012
  CASIS DAN PEMINDAH TENAGA.Malang: PPPGT VEDC Malang

VII. Penilaian
Bentuk Penilaian:
Tes Tulis
·         Mengumpulkan buku catatan
VIII. Kriteria Kelulusan

Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
Kognitif/
Psikomotorik








Afektif
Siswa dapat menjawab pertanyaan:

0- 75    = belum memenuhi kriteria kelulusan
76- 80  = memenuhi kriteria kelulusan dengan bimbingan
81- 90  = memenuhi kriteria kelulusan tanpa bimbingan
90-100 = diatas minimal tanpa bimbingan

·         Jika nilai tes tulis kurang dari 76 maka diadakan remidi
·         Jika nilai tes tulis lebih dari 76 maka melanjutkan ke materi selanjutnya.

Penilaian afektif: parameter yang digunakan adalah
antusias siswa dalam menerima pelajaran
A.    Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan mampu mampu menjawab pertanyaan.
B.     Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan sesekali menjawab dengan benar.
C.     Siswa tekun memperhatikan, sesekali ikut bertanya, dan belum menjawab dengan benar.
D.    Siswa tidak memperhatikan, pasif dalam tanya jawab, dan tidak dapat menjawab dengan benar.



















Mengetahui,
Guru Pamong                                                                                                Praktikan



Besar Abadi Prayogi, S.T                                                                             Dwi Ahmad Cholik
NIP. 19710202 200604 1 022                                                                                    NIM. 208513414649