| PEMERINTAH KOTA MALANG DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 6 MALANGJalan Ki Ageng Gribig 27 Malang.Telp/Fax. +62341-722216 | |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
MATA PELAJARAN / NAMA : Kompetensi Kejuruan Mekanik Otomotif
STANDAR KOMPETENSI : Perbaikan sistem Rem
KOMPETENSI DASAR : Memelihara sistem rem dan komponennya
INDIKATOR : 1. Menjelaskan definisi dan fungsi sistem rem tromol
2. Menjelaskan macam – macam rem tromol
3. Menjelaskan komponen – komponen rem tromol
4. Menjelaskan cara kerja rem tromol
I. Tujuan Umum Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan definisi dan fungsi sistem rem tromol
2. Siswa dapat menjelaskan macam – macam rem tromol
3. Siswa dapat menjelaskan komponen – komponen rem tromol
4. Siswa dapat menjelaskan cara kerja rem tromol
5. Siswa dapat mengembangkan diri secara kreatif untuk memadukan materi dengan pekerjaan di dunia indutri
II. Materi Pembelajaran :
A. Definisi sistem rem tromol
Rem merupakan bagian kendaraan yang sangat penting dalam mendukung aspek keamanan berkendaraan, maka rem harus :
· Dapat menghentikan kendaraan secepat mungkin
· Dapat melaksanakan pengereman sesuai kehendak sopir
Fungsi Rem :
Untuk mengurangi kecepatan sampai menghentikan jalannya kendaraan
B. Macam – macam rem tromol
1. Tipe Leading Trailing
Pada tipe ini terdapat satu wheel silinder denagn dua piston yang akan mendorong bagian atas tromol rem.Leading shoe lebih cepat aus dari pada trailing shoe.
Pada tipe ini terdapat satu wheel silinder denagn dua piston yang akan mendorong bagian atas tromol rem.Leading shoe lebih cepat aus dari pada trailing shoe.
2. Tipe Two laeding
Tipe two leading shoe dibagi menjadi dua,yaitu single action dan double action.Tipe single action two leading shoe mempunyai dua silinder roda yang masing-masing mempunyai satu piston tiap sisinya.
Tipe two leading shoe dibagi menjadi dua,yaitu single action dan double action.Tipe single action two leading shoe mempunyai dua silinder roda yang masing-masing mempunyai satu piston tiap sisinya.
3. Tipe Dual Two Leading
Kontruksi model ini dilengkapi dengan dua buah silinder roda yang dipasang di atas dan di bawah sepatu primer dan sekunder.
Kontruksi model ini dilengkapi dengan dua buah silinder roda yang dipasang di atas dan di bawah sepatu primer dan sekunder.
4. Model Uni Servo
Konstruksi model ini dilengkapi dengan dua buah silinder di bagian atas sepatu primer dan sekunder. Bila pedal rem ditekan maka piston bergerak mendorong sepatu rem searah putaran tromol.
Konstruksi model ini dilengkapi dengan dua buah silinder di bagian atas sepatu primer dan sekunder. Bila pedal rem ditekan maka piston bergerak mendorong sepatu rem searah putaran tromol.
5. Model Duo Servo
Kontruksi model ini dilengkapi sebuah silinder roda dengan dua buah piston. Tekanan dari silinder rem diseimbangkan oleh penyetel sepatu rem
C. Komponen – komponen rem tromol
| |||
|
|
|
|
D. Cara kerja rem tromol
| Tidak bekerja Tidak ada tekanan hidraulis, ® torak silinder roda tidak tertekan ® tidak terjadi pengereman |
| Bekerja Tekanan hidraulis menekan torak silinder roda ® kanvas menekan tromol |
III. Metode Pembelajaran
A. Ceramah
B. Tanya Jawab
IV. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | Waktu |
1 2 3 | Kegiatan Awal
Kegiatan Inti a. Menjelaskan definisi dan fungsi sistem rem tromol b. Menjelaskan macam – macam rem tromol c. Memberi kesempatan siswa untuk memahami gambar komponen transmisi otomatis d. Menjelaskan komponen – komponen rem tromol e. Menjelaskan cara kerja rem tromol Menutup Pelajaran
|
d. Memperhatikan, mencatat dan bertanya a. Membuat kesimpulan b. Berdo’a bersama | 15 20 15 25 15 |
Jumlah | 90 mnt |
V. Alat, Bahan Ajar
a. Papan Tulis
b. Kapur atau Spidol
c. LCD
VI. Sumber Belajar
Definisi Rem.2009.(Online),(Http://www. sadrihidayat.blogspot.com/),Diakses 14 Februari 2012.
Brake Sistem.(Online),(Http://www. Definisi Rem.2009.(Online),(Http://www. sadrihidayat.blogspot.com/),Diakses 14 Februari 2012),Diakses 14 Februari 2012
CASIS DAN PEMINDAH TENAGA.Malang: PPPGT VEDC Malang
VII. Penilaian
Bentuk Penilaian:
Tes Tulis
· Mengumpulkan buku catatan
VIII. Kriteria Kelulusan
Bentuk Penilaian | Instrumen Penilaian |
Kognitif/ Psikomotorik Afektif | Siswa dapat menjawab pertanyaan: 0- 75 = belum memenuhi kriteria kelulusan 76- 80 = memenuhi kriteria kelulusan dengan bimbingan 81- 90 = memenuhi kriteria kelulusan tanpa bimbingan 90-100 = diatas minimal tanpa bimbingan · Jika nilai tes tulis kurang dari 76 maka diadakan remidi · Jika nilai tes tulis lebih dari 76 maka melanjutkan ke materi selanjutnya. Penilaian afektif: parameter yang digunakan adalah antusias siswa dalam menerima pelajaran A. Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan mampu mampu menjawab pertanyaan. B. Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan sesekali menjawab dengan benar. C. Siswa tekun memperhatikan, sesekali ikut bertanya, dan belum menjawab dengan benar. D. Siswa tidak memperhatikan, pasif dalam tanya jawab, dan tidak dapat menjawab dengan benar. |
Mengetahui,
Guru Pamong Praktikan
Besar Abadi Prayogi, S.T Dwi Ahmad Cholik
NIP. 19710202 200604 1 022 NIM. 208513414649