Tuesday, July 17, 2012

RPP Menjelaskan Proses – Proses Mesin Konversi Energi (DC / AC)



 

PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 6 MALANG

Jalan Ki Ageng Gribig 27 Malang.Telp/Fax.  +62341-722216



 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

MATA PELAJARAN / NAMA      :  Kompetensi Kejuruan Mekanik Otomotif
STANDAR KOMPETENSI                        Menjelaskan Proses – Proses Mesin Konversi Energi
KOMPETENSI DASAR                 Konsep Motor Listrik
INDIKATOR                                    1.  Menjelaskan motor listrik arus searah (DC)
2.    Menjelaskan motor listrik arus bolak – balik (AC)
I. Tujuan Umum Pembelajaran                                                                               
1. Siswa dapat menjelaskan motor listrik arus searah (DC)
2. Siswa dapat menjelaskan motor listrik arus bolak – balik (AC)
3. Siswa dapat mengembangkan diri secara kreatif untuk memadukan materi dengan pekerjaan di dunia indutri

II. Materi Pembelajaran :  

A.     Motor DC daya sendiri: motor seri
Dalam motor seri, gulungan medan (medan shunt) dihubungkan secara seri dengan gulungan
dinamo. Oleh karena itu, arus medan sama dengan arus dinamo. Berikut tentang kecepatan motor seri :
- Kecepatan dibatasi pada 5000 RPM
- Harus dihindarkan menjalankan motor seri tanpa ada beban sebab motor akan
mempercepat tanpa terkendali.
Daya Pm maksimum
Jadi Pm, maka jika
2A_MOTOR DC SERI_ARUS
2B_MOTOR DC SERI_tegangan
Pin = Vl-Il
Ea = Vl-Is.Rs-Ia.Ra-2Vsi
Ea.Ia = Vl-Ia-Is2Rs=Ia2.Ra-Ia.2Vsi
Pcu = Ia2.Ra=Is2-Rs2+Ia.2Vsi

B.      Motor DC Kompon/Gabungan
Motor Kompon DC merupakan gabungan motor seri dan shunt. Pada motor kompon,
gulungan medan (medan shunt) dihubungkan secara paralel dan seri dengan gulungan dinamo. Sehingga, motor kompon memiliki torque penyalaan awal yang bagus dan kecepatan yang stabil.
Motor DC kompon ada 2 :
1.)  Motor Dc Kompon Panjang4A_motor dc kom panjang_arus
4B_motor dc kom panjang tegangan
Il = Is+If
Is = Ia
Pin = Vl..Il 
Pm = Ea.Ia
Pm = Pin-Pem

Ea.Ia =Vl Il-Ia2.Ra-Is2.Rs-If.Rf-2Vsi

Vl = Ea+Ia.Ra+2Vsi+Is.Rs
Vf = If.Rf
Vf = Vl
Ea = Vl-Ia.Ra-Is.Rs-2Vsi

2.)    Motor DC Kompon Pendek

5A_motor dc kom pendek_arus
5B_motor dc kom pendek tegangan
Ea.Ia = Pm
Vl.Il = Pin
Pcu = (Ia2Ra+2Vsi.Ia+Is2Rs+If.Rf)
Il = Is-Ia+If
Ia = Il-If
Vf = If.Rf
Vl = Vf+Vs = Vf+Is.Rs
Is.Rs = Vl-Vf
Vl=Ea+Ia.Ra+2Vsi+Is.Rs
Ea = Vl-Ia.Ra-2Vsi-Is.Rs

DIAGRAM DAYA DAN EFISIENSI MOTOR DC
DIAGRAM MOTOR DC



A =rugi daya pada kumparan jangkar (Ia2.Ra)
B = Rugi daya pada kontak sikat ((2Vsi.Ia)
C = Rugi daya pada kumparan motor seri (Is2.Rs)
D = Rugi daya pada kumparan medan shunt (If2.Rf)
E = Rugi daya listrik
F = Rugi daya arus pusat
G = Rugi daya
H = Rugi daya motor




Pin – Pcu
Pm – Pb

Efisiensi






C.    Motor AC
Motor arus bolak-balik menggunakan arus listrik yang membalikkan arahnya secara teratur pada rentang waktu tertentu.

Motor sinkron
Motor sinkron adalah motor AC, bekerja pada kecepatan tetap pada sistim frekwensi tertentu.
Motor ini memerlukan arus searah (DC) untuk pembangkitan daya dan memiliki torque awal
yang rendah, dan oleh karena itu motor sinkron cocok untuk penggunaan awal dengan beban
rendah, seperti kompresor udara, perubahan frekwensi dan generator motor.

Komponen utama motor sinkron adalah
􀂃 Rotor. Perbedaan utama antara motor sinkron dengan motor induksi adalah bahwa rotor
mesin sinkron berjalan pada kecepatan yang sama dengan perputaran medan magnet.
Hal ini memungkinkan sebab medan magnit rotor tidak lagi terinduksi. Rotor memiliki
magnet permanen atau arus DC-excited, yang dipaksa untuk mengunci pada posisi
tertentu bila dihadapkan dengan medan magnet lainnya.
􀂃 Stator. Stator menghasilkan medan magnet berputar yang sebanding dengan frekwensi
yang dipasok.
Motor ini berputar pada kecepatan sinkron, yang diberikan oleh persamaan berikut :

Ns = 120 f / P
Dimana:
f = frekwensi dari pasokan frekwensi
P= jumlah kutub


III. Metode Pembelajaran
A.    Ceramah
B.     Tanya Jawab


IV. Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1




2











3
Kegiatan Awal
  1. Salam dan do’a bersama
  2. Membuka pelajaran
  3. Mengadakan Persensi

Kegiatan Inti
a.       Menjelaskan Motor DC daya sendiri: motor seri
b.      Memberi kesempatan siswa untuk  memahami gambar komponen transmisi otomatis
c.       Menjelaskan Motor DC Kompon/Gabungan
d.      Menjelaskan Motor AC

Menutup Pelajaran
  1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran dan memberi pertanyaan kepada siswa sampai sejauh mana siswa menerima pelajaran.
  2. Memberikan tugas
  3. Menutup pelajaran dan do’a bersama

  1. Menanggapi
  2. Mendengarkan
  3. Memperhatikan


  1. Memperhatikan


  1. Mencatat dan bertanya.


  1. Memperhatikan, mencatat dan bertanya.



a.       Membuat kesimpulan






b.      Berdo’a bersama




30

35

45



25
Jumlah
 135mnt

V. Alat, Bahan Ajar
a.       Papan Tulis
b.      Kapur atau Spidol
c.       LCD

VI. Sumber Belajar
Pedoman Efisiensi Energi untuk Industri di Asia.UNEP.(Online),(Http://www.energyefficiencyasia.org/.../Chapter%20-),Diakses 6 Februari 2012.
Wikipedia Indonesia.2012.Motor Listrik.(Online),(http://id.wikipedia.org/wiki/Motor_listrik),Diakses 6 Februari 2012.
  
VII. Penilaian
Bentuk Penilaian:
Tes Tulis
·         Mengumpulkan buku catatan
VIII. Kriteria Kelulusan

Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
Kognitif/
Psikomotorik








Afektif
Siswa dapat menjawab pertanyaan:

0- 75    = belum memenuhi kriteria kelulusan
76- 80  = memenuhi kriteria kelulusan dengan bimbingan
81- 90  = memenuhi kriteria kelulusan tanpa bimbingan
90-100 = diatas minimal tanpa bimbingan

·         Jika nilai tes tulis kurang dari 76 maka diadakan remidi
·         Jika nilai tes tulis lebih dari 76 maka melanjutkan ke materi selanjutnya.

Penilaian afektif: parameter yang digunakan adalah
antusias siswa dalam menerima pelajaran
A.    Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan mampu mampu menjawab pertanyaan.
B.     Siswa tekun memperhatikan, aktif bertanya, dan sesekali menjawab dengan benar.
C.     Siswa tekun memperhatikan, sesekali ikut bertanya, dan belum menjawab dengan benar.
D.    Siswa tidak memperhatikan, pasif dalam tanya jawab, dan tidak dapat menjawab dengan benar.



Mengetahui,
Guru Pamong                                                                                                Praktikan



Besar Abadi Prayogi, S.T                                                                             Dwi Ahmad Cholik
NIP. 19710202 200604 1 022                                                                                    NIM. 208513414649